Tips Bepergian Menggunakan Moda Transportasi Umum Kereta Api

Masalah Klasik
Perjalanan dengan menggunakan moda transportasi umum angkutan penumpang umum kereta api tentu sangat berharga di setiap perjalanan Anda. Ketika Anda hendak pulang kampung, mengunjungi saudara dan keluarga, menghadiri keperluan bisnis, sampai sekedar bertamasya bersama keluarga. Keamanan dan kenyamanan Anda di perjalanan tentu merupakan tanggung jawab perusahaan. Tetapi, musibah dan bencana selalu tidak bisa ditebak kedatanganya. Oleh sebab itu, kami akan menyajikan tips aman dan nyaman menggunakan jasa angkutan penumpang umum kereta api dengan penelitian dan kajian lebih mendalam. Dengan langkah - langkah antisipatif ini, semoga dapat meminimalisir kejadian - kejadian yang tidak diinginkan, seperti menjadi korban aksi pencopetan, hipnotis, penjambretan, dan tindakan kriminalitas lain dari orang - orang yang tidak bertanggung jawab. Selalu tingkatkan kewaspadaan, siapapun di sekitar Anda bisa berbuat nekad dan tidak berpikir panjang apabila ada kesempatan dan niat dari pelaku. Waspadalah, Waspadalah, Waspadalah!
  1. Persiapan yang matang, sebelum berangkat dari rumah. Seperti alat kesehatan dan P3K, Pulsa Handphone, nomor telepon penting yang bisa dihubungi seperti polisi, Bekal material, dan lain - lain.
  2. Evakuasi barang berharga Anda ke tempat yang aman, kunci serapat mungkin.
  3. Berangkat dari rumah dengan senantiasa memanjatkan do'a dengan menyebut nama Allah SWT.
  4. Berpenampilan sederhana, jauhi memamerkan perhiasan atau barang berharga lain seperti Handphone, Camera Digital, Handycam, dan lain sebagainya.
  5. Pisahkan uang utama Anda, dengan uang pecahan kecil untuk sekedar jajan selama di perjalanan.
  6. Siapkan karcis di saku celana atau pakaian yang terpisah dari tempat Anda menyimpan uang utama dan uang pecahan kecil.
  7. Memasuki area dalam stasiun (peron), jangan menunggu kereta api di luar tempat yang telah disediakan. Menunggulah di area tunggu stasiun yang telah tersedia. Jika tidak ada, hindari tempat gelap/sepi serta jauh dari kantor PPKA (Pemimpin Perjalanan Kereta Api).
  8. Waspada dengan orang yang baru Anda kenal, baik di stasiun maupun di dalam kereta api ketika Anda dalam perjalanan, apalagi gerak - geriknya mencurigakan, seperti sok akrab, memberi minuman atau makanan, sampai mengajak kesana kemari tanpa kepentingan yang mendesak. Hindari percakapan, gunakan kata maaf dan terima kasih sebagai penolakan halus.
  9. Bertanyalah kepada petugas berseragam dan beridentitas resmi PT. Kereta Api Indonesia, ketika Anda memerlukan bantuan atau informasi.
  10. Periksa kembali anggota keluarga Anda, karcis, dan barang - barang bawaan Anda sebelum beranjak meninggalkan tempat tunggu stasiun.
  11. Pastikan kereta api telah benar - benar berhenti, sebelum Anda naik.
  12. Berikan prioritas untuk penumpang yang akan turun terlebih dahulu sampai semuanya selesai.
  13. Berikan prioritas kepada manula/lansia, ibu hamil, dan anak - anak untuk naik terlebih dahulu ke dalam kereta api.
  14. Segera masuk ke dalam gerbong, jangan diam/berdiri di bordes. Sesuaikan tempat duduk Anda dengan nomor tempat duduk yang tertera di karcis yang Anda miliki.
  15. Letakan barang bawaan Anda yang sudah dipisahkan dengan barang berharga di begasi atas tepat di atas kursi tempat duduk Anda, jangan simpan di sembarang tempat.
  16. Jaga diri Anda jangan sampai tertidur selama di perjalanan jauh. Jika lelah, silahkan bergantian dengan anggota keluarga Anda untuk berjaga (Sebagian terjaga, sebagian istirahat tidur). Hindari tidur di sisi yang berdekatan dengan lalu lalang orang lain, sebaiknya menyandar ke dinding gerbong (di pojok)
  17. Isi perjalanan Anda dengan menyibukan diri, seperti membaca koran, mengisi teka teki silang (TTS), dan minum kopi/minuman suplemen lainnya (agar tidak mengantuk dan tetap bugar).
  18. Selektif dalam membeli makanan maupun minuman selama di perjalanan. Perhatikan tanggal kadaluarsa dari produk yang Anda beli.
  19. Pergunakanlah toilet dan fasilitas di dalam kereta api lainnya secara bijak.
  20. Sebelum Anda turun di tempat tujuan, pastikan kembali dengan mengecek nama stasiun yang dituju. Jika ragu, silahkan bertanya kepada petugas berseragam dan beridentitas resmi.
  21. Sebelum Anda turun, periksa kembali anggota keluarga dan barang bawaan Anda, jangan sampai ada yang tertinggal di dalam kereta api.
  22. Pastikan kereta api benar - benar berhenti sebelum Anda turun. Prioritaskan manula/lansia, ibu hamil dan anak - anak untuk turun terlebih dahulu.
  23. Serahkan karcis yang telah di periksa kepada petugas pintu keluar. Semoga selamat sampai di tempat tujuan berikutnya. Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan jasa angkutan kereta api. Semoga bisa berjumpa kembali di lain perjalanan.
Mengundang Kejahatan
Bordes













Tempat rawan tindak pidana pencopetan, pencurian, penjambretan, dan kejahatan lainnya :
  1. Saat mengantre karcis
  2. Ruang tunggu stasiun, dan
  3. Bordes (Pintu masuk - keluar kereta api).

Semoga bermanfaat.


Loading . . .
Selamat Datang di Website Kami
www.asongan-kereta.co.cc